Antara kereta, Tanah Abang, dan Meetup #StartupLokal v9 bikin terharu

StartupLokal Logo

Gambar dari startuplokal.org

Don’t think you’ll get acquired — jangan pernah berfikir kau akan diakuisisi. Kata-kata dari Satya Witoelar (Yahoo! koprol Design Manager) yang sampai sekarang di ingat ketika kemarin (06/01) saya berkesempatan hadir di meetup #StartupLokal di jakarta. Yup, jangan pernah berfikir seperti itu, karena dengan begitu kita akan survive terhadap Startup dan bisnis kita. Dan itu menjadi kata-kata pamungkasnya dan berhasil membuat saya tercengang.

Btw, sudah lama saya menantikan acara ini, tahu event ini dari milis. Saya berangkat dari bandung pukul 11.30 pakai kereta Argo Parahiyangan –baru pertama naik kereta ini hihihi๐Ÿ˜†. Saya gak usah ngasih tah harga tiketnya 30ribu kan? pasti sudah pada tahu lah ya.. tapi sebelumnya saya janjian dulu dengan orang yang belum saya kenal, baru kenal dari kaskus. Saya janjian untuk beli hape baru tapi second eh second tapi baru eh **apa sih, bingung ngomongnya* pokoknya HP Sony Ericsson K660i lah.. Dan HP-pun deal dengan harga 550ribu.

Dikereta saya sebangku eh kursi eh apasih namanya lupa, dengan pengusaha yang suka mangkal buka toko di Tanah Abang. Banyak cerita dan inspirasi dari beliau. Meskipun awal-awalnya kita saling diam dan jaim-jaiman. Lalu karena saya tipe yang gak bisa diam **cieee..* saya tanya-tanya beliau, dan ternyata beliau bisnis kain dan product tas. Dulu sempat ditipu teman sendiri dengan nominal 800juta, sekali lagi ya.. 800juta!! **jleb* Saya percaya karena beliau kasih perlihatkan giro-nya pada saya.

Tapi yang paling penting bukan hilangnya uang. Selama 1,5 tahun dia hanya berdiam diri di kamar dan melamun. Beliau di urus oleh adiknya, sampai pada akhirnya beliau merasa malu di urus adkinya. Dan akhirnya bulan Juli 2010 beliau bangkit dan main-main ke Bandung. Di Bandung beliau mencari tempat produksi tas karena waktu itu tas di Bandung lagi booming dan hasilnya sekarang beliau bolak-balik bandung – jakarta 4x/minggu. Dan tas-nya pun laku keras.

Satu hal yang beliau tuturkan **bagian ini yang paling saya suka :lol:* “Usaha itu apa saja, gak apa-apa keuntungan kecil, yang penting berkelanjutan”. Dan akhirnya perjalanan sampai di Statsiun Gambir lalu naik Busway, dan sayapun di traktir beliau. Dan akhirnya kita berpisah di shelter Harmoni. Sukses ya mas, jangan lupa sedekah. Loh, malah jadi curhat?! **skip!!*

foto from infokomputer.com

Meetup #Startuplokal yang ke-9 ini bertemakan “Acquisition” yang kita tahu Koprol telah diakuisisi oleh Yahoo!. Dan yang paling mencenangkan lagi yang hadir di acara itu mencapai 335 orang. Dan ini merupakan rekor meetup #StartupLokal paling banyak dari sebelum-sebelumnya.

Well, dimulai dengan presentasi dari Satya tentang kisah perjalanan Koprol sampai diakuisisi. Dalam presentasinya Satya menyisipkan tips-tips penting selama berjalannya Koprol, yakni:

 

 

  1. Pick the right co-founder โ€“ Sangat penting untuk memilih rekan-rekan kerja yang tepat untuk memulai sebuah startup. Tidak apa-apa memiliki karakteristik yang berbeda, asalkan bisa saling melengkapi.
  2. Know the industry โ€“ Cari tahu dan pahami dulu tentang seluk-beluk industri/bisnis yang akan dijalani.
  3. Press friendly โ€“ Bersahabatlah dengan pers. Buat cerita-cerita bagus tentang startup Anda supaya lebih mudah diekspos media massa. Mungkin istilah zaman sekarang, bernarsislah.
  4. Know your community โ€“ Ketahui karakteristik pengguna dan bangun komunitas. Dengarkan suara mereka, lalu kembangkan startup sesuai dengan keinginan mereka.
  5. Get committed โ€“ Saatnya serius dan berkomitmen dalam menjalani bisnis startup. Jangan setengah-setengah.
  6. Take challenges โ€“ Berani menjawab tantangan yang diberikan pihak lain, misalnya calon investor. Tunjukkan kapabilitas Anda sehingga menumbuhkan kepercayaan mereka.
  7. Get revenue โ€“ Pikirkan cara memperoleh pendapatan dari startup Anda. Rencanakan model bisnis yang tepat sehingga menarik calon investor.
  8. Structure it well โ€“ Susun struktur perusahaan secara baik dan rapi, contohnya urusan legal (hukum) dan perpajakan. Jika ada calon investor yang tertarik, Anda dapat menampilkan presentasi dan bernegosiasi dengan lebih percaya diri serta menaikkan nilai tawar.
  9. Shareholders โ€“ Kalau sudah dalam tahap pembicaraan serius dengan investor, jangan lupa informasikan kepada para pemegang saham startup Anda mengenai perkembangan terbaru guna menghindari konflik di kemudian hari. (Tambahan: Pilih shareholders yang aktif dan mau ikut bekerja, supaya lebih tahu masalah. Bukan yang hanya mau ikut menanamkan modal saja.)
  10. Don’t think you’ll get acquired โ€“ Jangan punya pikiran sejak awal kalau startup Anda layak dan harus diakuisisi. Soalnya, ini bisa melemahkan semangat berusaha.

Slide-slide yang disajikan tanpa banyak kata-kata. Kalaupun ada, ya itu tadi yang 10 tips, selebihnya foto-foto. Tapi sungguh presentasinya membuat emosi bergejolak dibumbui candaan-candaan kecil. Sumpah, ketika Satya bercerita pas semua karyawannya dikumpulkan pas H-1 launching, seluruh karyawannya baru dikasih tau kalau Koprol diakuisisi Yahoo!. Bener-bener nampol ceritanya, sampai tanpa sadar saya netes air mata ups.. Terharu dan Bahagia.

Setelah presentasi Satya dari Koprol Yahoo! Koprol, selanjutnya dari para investor-investor Wilson Cuaca (East Ventures) dan Antonny Liem (MerahPutih Inc.). Saya kurang faham sih sebenarnya, tapi yang pasti dalam membuat Startup yaitu Uang itu penting, tapi bukan yang terpenting dan investor itu hanya ingin aplikasi kita dipakai banyak orang, kalau Startup kita dipakai banyak orang kemungkinan investor bakal tertarik. Tapi teuteuuuup.. ingat kata Satya Don’t think you’ll get acquired!

Lalu beres acara, saatnya sosialisasi ngobrol ngalor ngidul, ada yang foto-foto, bagi-bagi kartu nama, dll. biasanya di sebut mingle. Dan sayapun bertemu dengan foundernya AnakUI.com Ilman Akbar yang merupakan web inspirasi terbentuknya BarudakUNPAS.com yang saya kelola hehe..๐Ÿ˜†. Saya dan Ilman belum pernah bertemu, baru sekarang. Tapi komunikasi kita lewat twitter dan email. Banyak terobosan yang ingin kita capai, mudah-mudahan kita berjuang bersama membuat web citizen jurnalism kampus. Sukses ya Ilman, thanks atas bantuan dan motivasinya, you’re inspiring man!

Kini saya dan teman saya Ikhsan Fanani, sedang mencoba membuat Startup yang mudah-mudahan bermanfaat dan menginspirasi banyak orang. Mohon doanya ya..๐Ÿ˜€

“Tugas manusia itu bukan untuk berhasil, tapi untuk mencoba. Mencoba yang sebelumnya tidak mungkin bisa, menjadi mungkin dan bisa”

About Onnay Okheng

Hola, I'm Onnay. Also I'm Freelancer also SocialTechPreneur. Wordpress Themes and Plugins Developer, WordPress eCommerce Developer. Founder of Nesia, UKM Store. Let's Sharing and Dreaming.

One response to “Antara kereta, Tanah Abang, dan Meetup #StartupLokal v9 bikin terharu

  1. waah asyik banget bisa ikutan acaranya… thx share ceritanya ya..
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Add my facebook Follow me

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 2.741 pengikut lainnya

Newsjid | Masjid Punya Berita

%d blogger menyukai ini: