Cara Pengucapan Bahasa Jepang (Huruf Konsonan)

Saatnya belajar bahasa jepang, cita-cita ke-3 tujuan hidup yaitu 2012 melanjutkan studi S2 ke Jepang (aamiin..:D) insyaallah akan dimulai dengan belajar bahasa jepang dulu hehe..

Mengulang belajar dari buku “Mudah & Lancar Belajar Bahasa JEPANG” karya Heny Fitria Puspita Sari langsung ke BAB 2 saja ya tentang “Cara Pengucapan”, secara garis besar cara pengucapan huruf konsonan bahasa Jepang hampir sama dengan Bahasa tercinta Indonesia, tapi ada beberapa yang sedikit berbeda yaitu:

1. Huruf berawalan g di ucapkan seperti huruf g (indonesia) bila terletak di awal kata. Contoh:

Tulisan gakkoo dibaca gakkoo artinya => “Sekolah”

2. Huruf g akan diucapkan seperti bunyi ng bila diletakkan di tengah atau akhir kata. Contoh:

Tulisan daigaku dibaca daingaku artinya => “Universitas”

3. Huruf n juga dapat diucapkan seperti bunyi ng jika diletakkan di akhir kata. Contoh:

Tulisan nihon dibaca nihong artinya “Negara Jepang”

4. Huruf n dapat dibunyikan seperti huruf m, jika diikuti dengan huruf p atau b. Contoh:

Tulisan sanpo dibaca sampo artinya “Jalan-jalan”

5. Huruf r tidak diucapkan dengan suara yang jelas seperti r (indonesia), tetapi diucapkan lembut.

6. Huruf s diucapkan seperti huruf s dalam bahasa Indonesia.

7. Dalam huruf bahasa Jepang tidak ada huruf l, x, dan v.

8. Huruf v pada kata serapan dari kata asing di ganti dengan huruf b. Contoh:

Tulisan Video dibaca Bideo

Ya… untuk kali ini segitu dulu belajarnya. kalau terlalu banyak takut ongkek (muntah) hehehe…😀 mudah-mudahan bisa konsisten belajarnya sekalian mengerjakan TA (Tugas Akhir) di barengi dengan mimpi-mimpi masa depan yang insyaallah yakin akan datang.. aamiin..😀

image by: http://www.bukabuku.com

About Onnay Okheng

Hola, I'm Onnay. Also I'm Freelancer also SocialTechPreneur. Wordpress Themes and Plugins Developer, WordPress eCommerce Developer. Founder of Nesia, UKM Store. Let's Sharing and Dreaming.

7 responses to “Cara Pengucapan Bahasa Jepang (Huruf Konsonan)

  1. asik juga ya belajar bahasa jepang
    terimakasi yaa

    Salam sukses
    http://iklanbaris-gratis.org

    ===================***==================
    sama-sama..
    makasih juga sudah sudi mampir di rumah mungil ini, jangan biarkan rumah ini ga bersisa ya..
    hehe..
    salam sayang dari bandung..😀

  2. sering2 nonton dorama deh
    pasti ngerti cara pengucapannya 😀

    ===================***==================
    hehehe..nonton dorama sih nay suka
    tapi donlotnya yg ga suka hehe..
    tukeran pilem dorama teh pemila?!!
    makasih ya udah berkunjung..
    salam sayang dari bandung..😀

  3. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Bahasa Jepang gak paham sama sekali. Pahamnya cuma Miyabi.

    ===================***==================
    hayaaahh… kemarin kepergok polisi ga??
    kan ngedarin DVD miyabi haha…
    salam sayang dari bandung..😀

  4. (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Link baliknya ditunggu dulu, ya. Ntar kalau sudah saya add pasti tak kasih info. Gak sampai setahun, kok.
    Wekekekekekek

    ===================***==================
    mangga, di tunggu saja linknya..
    skr lagi kerja jadi pengamanan aksi PERTAMAXX ya??hahaha…
    salam sayang dari bandung..😀

  5. (maaf) izin mau KELIMAAAXXZ duluan. Boleh kan?!
    langsung pamit

    ===================***==================
    ati2 di jalan kang, awas nanti kesandung truk
    hahaha..
    salam sayang dari bandung..😀

  6. bahasanya terasa sulit di menegerti, intonasinya menyentak. tapi kalau wanita jepang cuantik-cuantik.

    ===================***==================
    hehehe…kayanya kalo menghentak kaya bahasa batak ya…
    hehehe…
    salam sayang dari bandung..😀

  7. Mudah2an Mas Onnay cepat lancar bahasa Jepangnya, dan tercapai keinginan utk bersekolah disana, amin.
    Bunda cuma bisa bantu doa saja.
    Salam.

    ===================***==================
    aaaammmmiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnn….
    makasih bunda..
    mudah2an bunda juga bisa, biar nanti ajarin nay hehe..
    salam sayang dari bandung..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Add my facebook Follow me

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 2.741 pengikut lainnya

Newsjid | Masjid Punya Berita

%d blogger menyukai ini: