RIA – Rich Internet Application

RIA, iri, dengki, buruk sangka, sombong itu merupakan penyakit hati. (Loh?? ga nyambung ama judul ya..hehe.. :D) sekarang bukan untuk membahas penyakit hati, tapi mau bahas RIA yang disukai oleh saya baru-baru ini!!hehe..

Aplikasi RIARIA di perkenalkan oleh vendor dulu Macromedia (sekarang menjadi adobe) tahun 2002. Sekarang RIA bisa menggunakan beberapa framework yang telah beredar seperti Curl, Adobe Flash/Adobe Flex/AIR, Java/JavaFX, uniPaaS and Microsoft Silverlight.

RIA – Rich Internet Application, merupakan teknologi terbaru di dunia web. Apaan sih?? Nah, RIA ini merupakan teknologi web yang mempunyai teknologi atau fitur-fitur yang terdapat pada desktop application. Jadi, web sekarang sama halnya dengan program-program yang biasa kita pakai di komputer yang berbasis web. Sebagai contohnya aplikasi di desktop untuk memutar video yaitu media player. Nah, bila di web kita kenal dengan YouTube sebagai pemutar video online.

Ada dua macam mengenai RIA. Pertama RIA bisa embed di webnya langsung sama halnya kita membuka suatu situs contohnya YouTube. Kedua bisa di install di komputer/laptop kita. Nah, ini yang baru kerasa RIA-nya soalnya kita bisa menggunakan aplikasinya secara offline maupun online.

Dari segi tampilan juga minimalis dan elegant, tapi bisa kita atur-atur juga ko..pokoke uwedan poll!!hehe..😀 bisa dilihat contohnya dari ebay atau langsung saja lihat sample yang diberikan oleh adobe.

Sekarang saya sedang mendalami RIA ini menggunakan Adobe Flex dengan Flex Builder sebagai tools pembangunan, dan Action Script 3 untuk bahasa pemrograman (tapi masih cupu ko.. :D)

About Onnay Okheng

Hola, I'm Onnay. Also I'm Freelancer also SocialTechPreneur. Wordpress Themes and Plugins Developer, WordPress eCommerce Developer. Founder of Nesia, UKM Store. Let's Sharing and Dreaming.

2 responses to “RIA – Rich Internet Application

  1. Saya juga pecinta RIA🙂 Eh, btw ini bondan yang ketemu di bancakan dan wordcampID🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Add my facebook Follow me

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 2.741 pengikut lainnya

Newsjid | Masjid Punya Berita

%d blogger menyukai ini: