Laporan Kerja Praktek

Alhamdulillah.. tugas Kerja Praktek sebagai salah satu mata kuliah di UNPAS sudah beres dan Seminar pun rebes.. ya meskipun laporan dikerjakan tergesa-gesa, ngerjain aplikasi hanya dalam waktu 2 minggu, trus laporan dikerjain dalam waktu 1 bulan. Tapi si mister “M” alias males bisa di taklukan dalam waktu 1 SEMESTER (ngapain za yah?!heuheu..🙂 ) tapi berkat dorongan temen2 juga akhirnya alhamdulillah laporan dan aplikasi bisa rampung dikerjain!heuheu.. thank you to all (mala, dodi, riski, rynna, suhe, taci, oce, dian, midi, ajeng, unggul, feiza, karisma sebagai organisasi remaja tempatku bernaung, dll) buat yang belum kapan mo nyusul??!!heuheu..😀

ini saya lampirkan barang kali ada yang berminat atau bisa dijadikan referensi bagi yang mau mengerjakan tugas KP (Kerja Praktek). judulnya yaitu:

“Layanan Informasi On-Line Profil dan Kegiatan Sekolah di SDIT Ibnu Taimiyah Bandung Menggunakan Framework CodeIgniter”

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisi uraian mengenai latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, metode penelitian, lokasi kegiatan, dan sistematika pembahasan.


I.1 Latar Belakang Masalah

Teknologi berubah dan berkembang pesat seiring dengan perubahan zaman. Perubahan ini tak pelak membutuhkan sesuatu untuk pelaksanaannya. Pelaksana perubahan tersebut tidak lain yaitu kita sebagai manusia. Dalam melakukan perubahan tersebut manusia memerlukan sesuatu untuk memulainya. Salah satu hal yang dibutuhkan yaitu informasi. Dengan aktivitas manusia yang tidak pernah berhenti, bisa dipastikan kebutuhan informasi baru tidak akan pernah berhenti. Dengan kebutuhan informasi yang begitu banyak, maka keinginan untuk menangkap informasi juga akan semakin tinggi, akan tetapi untuk menangkap informasi tersebut manusia memerlukan bantuan untuk melakukannya.

Pada zaman modern seperti sekarang, teknologi informasi merupakan salah satu alat yang dapat membantu manusia untuk mencapai tujuannya. Dengan teknologi informasi ini manusia dapat menangkap informasi terbaru secara cepat dan akurat.

Semua orang membutuhkan informasi, khususnya bagi orang yang terlibat dalam suatu organisasi. Hal ini mengakibatkan semua orang yang terlibat dalam organisasi itu harus tahu perkembangan atau informasi mengenai divisi lain atau organisasinya sendiri. Informasi ini penting guna tetap menjaga eksistensi anggota dan organisasi tersebut.

Pada suatu organisasi yang mempunyai banyak aktivitas, akan muncul permasalahan dimana tidak semua orang dalam oraganisasi tersebut mengetahui informasi terbaru yang terkait dengan aktivitas organisasiny. Dengan demikian, diperlukan suatu alat bantu agar dapat membantu komponen organisasi untuk mendapatkan informasi secara cepat, akurat, dan tidak terkait ruang dan waktu.

Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Taimiyah (SDIT Ibnu Taimiyah) yang berlokasi di daerah sukajadi merupakan salah satu organisasi pendidikan yang mempunyai beragam kegiatan. Terbukti dengan adanya rencana program yang dimulai dari program harian, mingguan, bulanan, semesteran, hingga program tahunan. Ini menjadikan SDIT Ibnu Taimiyah kaya akan informasi dan kegiatan.

Informasi disampaikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti orangtua murid, DIKNAS, shareholder, serta masyarakat umumnya yang ingin mengetahui kegiatan SDIT Ibnu Taimiyah. Dikarenakan keterbatasan ruang dan waktu, informasi yang seharusnya diberikan menjadi terhambat. Oleh karena itu, untuk menyampaikan informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan SDIT Ibnu Taimiyah membutuhkan alat bantu untuk menyampaikan informasi yang lebih cepat, tepat, murah, dan bisa dilakukan kapanpun dimanapun.


I.2 Identifikasi Masalah

Berikut akan dijelaskan permasalahan yang diangkat oleh penulis dalam laporan kerja praktek ini :

1. Seringnya aktivitas sekolah di SDIT Ibnu Taimiyah yang diselenggarakan setiap minggu, bulan, semester, bahkan tahun. Sehingga banyak pula informasi yang akan muncul dari setiap aktivitas yang akan dilaksanakan.

2. Keterbatasan dalam berkomunikasi dengan pihak-pihak luar, seperti Departemen Pendidikan Nasional, Shareholder, dan masyarakat umum. Sehingga informasi aktivitas yang akan, sedang, atau sudah dilaksanakan oleh sekolah kadang tidak tersampaikan.

I.3 Maksud dan Tujuan

Maksud dari Kerja Praktek ini adalah mengidentifikasi dan menganalisa kebutuhan yang diperlukan oleh pihak sekolah dalam menyampaikan suatu informasi kepada pihak-pihak yang memerlukannya.

Adapun tujuannya yaitu membangun suatu layanan informasi on-line di SDIT Ibnu Taimiyah sehingga dalam menyampaikan informasi kepada para pihak-pihak yang membutuhkan bisa terpenuhi dengan cepat, tepat, murah, dan bisa dilakukan kapanpun dimanapun dengan tujuan sebagai berikut:

a. Memudahkan penyebaran informasi mengenai aktivitas sekolah.

b. Memudahkan pengelolaan dokumentasi setiap aktivitas sekolah.

c. Membantu pihak sekolah dalam menjual nama sekolah kepada masyarakat umum.


I.4 Batasan Masalah

Untuk memfokuskan bahasan yang penulis ambil, maka penulis membatasi masalah pada :

1. Informasi yang akan disampaikan melalui perangkat lunak berbasis web ini merupakan informasi kegiatan murid-murid baik yang dilakukan di dalam maupun di luar sekolah.

I.5 Metode Penelitian

Dalam pembuatan layanan informasi on-line ini, penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut :

1. Survey

Survey dilakukan dlam rangka mengetahui kebutuhan pihak organisasi tentang apa yang akan disampaikan pada layanan informasi yang akan dibangun. Dalam survey ini penulis menggunakan wawancara sebagai cara untuk mendapatkan informasi kebutuhan tersebut.

2. Analisis

Untuk mencapai kebutuhan pengguna, maka penulis melakukan analisis tentang bagaimana sebaiknya layanan informasi tersebut, sehingga diharapkan produk yang nanti dihasilkan dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3. Perancangan Produk

Setelah dilakukan analisis, maka tahap selanjutnya yaitu perangcangan produk. Dengan adanya kebutuhan pengguna, maka perancangan produk dapat dilakukan dengan mengacu pada hasil analisis.

4. Pembangunan Produk

Dari hasil perancangan produk, akan kemudian digunakan untuk membangun produk, yaitu layanan informasi on-line berupa web. Dalam tahap ini peluncuran web ke public dilakukan.


I.6 Lokasi Kegiatan

Penulis melakukan kerja praktek di kampus Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Taimiyah yang beralamat di Jl. Sukagalih Gg. H. Gojali RT/RW 02/07 Kecamatan Sukajadi Kota Bandung.

I.7 Sistematika Pembahasan

Dalam penulisan laporan kerja praktek ini, penulis membagi pembahasan menjadi beberapa bab sebagai berikut :

BAB I. PENDAHULUAN

Bab ini berisi uraian mengenai latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, metode penelitian, lokasi kegiatan, dan sistematika pembahasan.

BAB II. TINJAUAN ORGANISASI TEMPAT KERJA PRAKTEK

Pada bab ini akan diuraikan tentang sejarah dan struktur organisasi SDIT Ibnu Taimiyah Bandung.

BAB III. ANALISIS

Bab ini berisi uraian analisa penulis tentang apa saja persoalan yang ada sehingga nantinya akan didapatkan kebutuhan pengguna sebagai jawaban atas persoalan yang terjadi.

BAB IV. PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Bab ini berisi uraian mengenai tahap-tahap perancangan situs web yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai dari isi web, halaman-halaman web, tampilan antarmuka, dan penggunaan objek-objek lainnya.

BAB V. PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK

Bab ini berisi uraian tahapan pembuatan situs web sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya.

BAB VI. PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan yang dapat diambil selama penulis melakukan kerja praktek serta saran-saran bagi semua yang telah dihasilkan penulis selama kerja praktek, termasuk saran untuk pengembangan produk yang dihasilkan.

DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini berisi daftar pustaka yang menjadi acuan penulis dalam melaksanakan kerja praktek.


About Onnay Okheng

Hola, I'm Onnay. Also I'm Freelancer also SocialTechPreneur. Wordpress Themes and Plugins Developer, WordPress eCommerce Developer. Founder of Nesia, UKM Store. Let's Sharing and Dreaming.

2 responses to “Laporan Kerja Praktek

  1. weleh2..ini laporan boleh ta copy ya!!heuheu…😀

  2. habib

    mas tolong kirim laporan lengkap kerja prakteknya ya ke email saya….klw boleh sekalian ma script web CI nya soalnya saya lagi mau kp dan lagi belajar framework juga…
    thanks…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Add my facebook Follow me

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 2.741 pengikut lainnya

Newsjid | Masjid Punya Berita

%d blogger menyukai ini: